Kain Tapis Tanggamus Akan di Pamerkan di Negara Paris Oleh BI

970px x 250px.

Kain Tapis Tanggamus Akan di Pamerkan di Negara Paris Oleh BI

Tapis News
Tuesday, 2 July 2019
Tapisnews.com-Pada bulan September nanti Hilma Hilma Wira dari BI (Bank Indonesia) Akan memperkenalkan Kain Tapis Tanggamus ke Paris, hal tersebut terkait dengan program lokal ekonomi developmend (LED) lembaganya terhadap potensi lokal.

Hal tersebut telah di sampaikan kepada anggota sanggar tapis yang di bina BI di Sanggar Tapis Ratu Intan yang di pimpin oleh Ibu Reni Fitri Mahariyanti, Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus.

kain tapis
Pembinaan dari BI di Sanggar Tapis Ratu Intan (foto/rmollampung.com)

Seperti yang telah di kutip dari rmollampung.com bahwa ia menjelaskan, BI mencoba mencari potensi yang berada di suatu daerah melalui LED dalam rangka menciptakan sumber ekonomi baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kita berinovasi sendiri  mendatangkan desainer sehingga produksi yang di hasilkan nanti tidak hanya dapat di konsumsi oleh masyarakat sekitar saja, akan tetapi dapat di rasakan masyarakat luas" ujar Hilma.

Desainer Nasional Wignyo Rahardi mengatakan BI ingin mengangkat UMKM di bidang Kreatif "Untuk Lampung Tapis" katanya pada acara yang juga telah di hadiri pengurus Dekranasda Provinsi Lampung dan Camat Pugung Hardasyah.

Beliau berharap di kabupaten Tanggamus tidak hanya memproduksi kain Tapis semata, akan tetapi mampu menghasilkan busana dari bahan tapis yang sudah di desain dan di pola sebagai kluster fashion industri.

Pembinaan ini sendiri telah di selanggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Tanggamus yang bekerja sama dengan Dinas Kerajinan Nasional (DEKRANAS) Pusat dan Bank Indonesia (BI).

Nuraini Lubis sebagai ketua Dekranasda sangat berterimakasih dan mengapresiasi kepada Bank Indonesia dan Dekranas Pusat dengan apa yang telah di lakukannya.

"Dengan di tunjuknya Ratu Tapis Pekon Tiuh Memon serta di berikan pembinaan dan Pelatihan oleh BI dan Dekranas itu saja sudah menjadi nilai plus bagi kami khususnya Pemerintah Kabupaten Tanggamus," ungkap Nuraini Lubis

Beliau berharap dengan pembinaan ini Kain Tapis Tanggamus akan maju lebih baik lagi dan dapat di kenal masyarakat luas juga mancanegara agar bisa menjadi potensi untuk kemajuan masyarakat lampung khususnya di Kabupaten Tanggamus.