Mahasiswa Asal Way Tenong Lampung Barat Jual Kopi di Kampus Metro

970px x 250px.

Mahasiswa Asal Way Tenong Lampung Barat Jual Kopi di Kampus Metro

Redaksi
Wednesday, 3 July 2019


Tapisnews.com-Way Tenong - Selasa (2/7) sekitar pukul 14.00, seorang mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Kota Metro terlihat sedang menawarkan puluhan pacs kopi bubuk ke setiap orang yang dijumpainya.

Kopi yang ia tawarkan rupanya berasal dari hasil olahan para petani di daerah Way Tenong, Lampung Barat. “Permisi pak saya mau menawarkan kopi,” ucapnya kepada dosen dilingkungan kampus UM Metro, sore kemarin.

Setelah diwawancarai tim tapisnews.com, ia mengaku bernama Teguh, selain menjadi mahasiswa rupaya belum lama ini ia memanfaatkan waktu senggangnya untuk berjualan bubuk kopi.

“Saya baru satu minggu ini berjualan bubuk kopi di kampus,” ujarnya.

Lebih jauh, ia juga menceritakan bahwa bubuk kopi yang ditawarkan berasal dari perkebunan kopi milik warga di daerah tempat tinggalnya. Di sana ia bersama pemuda dan warga, membentuk sebuah kelompok tani dan berinisiatif mengolah biji kopi menjadi bubuk kopi siap seduh.

“Kalau dijual bijinya langsung harganya murah, kalau diolah kemudian dikemas seperti ini kan jadi memiliki nilai jual,” ucap Teguh.

Dari pantauan tapisnews.com, nyatalah memang apa yang ia ungkapkan. Teguh sore itu membawa puluhan pacs kopi bubuk di dalam tas ranselnya. 

Setelah diamati, kemasan kopi yang ia bawa berlabel Coffee Sholawat, yang menurut ceritanya diambil dari tradisi masyarakat sekitar perkebunan kopi yang setiap minggunya rutin menggelar Sholawatan.

Coffee Sholawat yang Teguh tawarkan sebutulnya berbahan baku dari jenis tanaman Kopi Robusta yang umumnya banyak tumbuh di Provinsi Lampung. Jenis tanaman Kopi Robusta di Lampung umumnya tumbuh di dataran tinggi seperti di Lampung Barat, Way Kanan, dan Tanggamus.

Menurut catatan sejarah, Kopi Robusta di Lampung berawal dari kebijakan Poitik Etis yang diterapkan Pemerintah Hindia Belanda, yang salah satu programnya merupakan perluasan lahan pertanian ataupun perkebunan.

Hingga saat ini Provinsi Lampung tercatat sebagai daerah pengekspor kopi terbesar di Indonesia. Seperti dilansir Berandadesa.com, “Lampung menjadi pengekspor kopi terbesar di Indonesia, yaitu mencapai 70% dari keseluruhan ekspor kopi seIndonesia.”