Warga di Desa Way Terusan Lampung Tengah Peringati Hari Kemerdekaan ke 74

970px x 250px.

Warga di Desa Way Terusan Lampung Tengah Peringati Hari Kemerdekaan ke 74

Tapis News
Saturday, 17 August 2019

Lampung Tengah -  Dua desa di UPT Way Terusan, Lampung Tengah adakan upacara bersama untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Upacara digelar di Lapangan desa setempat, Sabtu (17/82019).



Warga di Desa Way Terusan sedang memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 74

Seperti biasa, di upacara tersebut terdapat beberapa kelompok yang memerankan tugasnya masing-masing. Mulai dari siswa taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah dan berbagai elemen masyarakat.

"Siswa SD Negeri SP 2 tadi memainkan drum band untuk mengiringi lagu kebangsaan. Sedangkan paduan suara dibawakan oleh siswa SMP PGRI 5 Bandar Mataram, dan (Paskibra) Pasukan Pengibar Bendera di tugaskan kepada siswa SMA Terusan Bangsa Bandar Mataram," ungkap Arif Budianto, salah satu pemuda di desa setempat.

Lebih jauh ia juga menjelaskan bahwa upacara tersebut kurang lebih diikuti oleh 1000 peserta yang terdiri TK Pertiwi SP 1, TK Dharma Wanita SP 2, SD Negeri SP 1,SD Negeri SP 2, SMP PGRI 5 Bandar Mataram, SMA Terusan Bangsa Bandar Mataram, Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan beberapa Organisasi Bela Diri seperti Cempaka Putih, Pagar Nusa, Paku Banten, PSHT dan seluruh elemen masyarakat yang berada di Desa SP 1 dan Desa SP 2.

Sementara menurut Ngadiman selaku Kepala Desa setempat, upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke 74 ini sudah dipersiapkan dari awal dan menginformasikan keseluruh warga supaya warga turut berpartisipasi.

"Dalam menyambut peringayan Hari Kemerdekaan ini kami mempersiapkannya bersama warga, kami memberikan informasi kepada masyarakat melalui ketua RK atau RT, menyusun program dan pelaksanaannya secara bergotong royong mulai dari mempersiapkan tempat untuk mengadakan acara tersebut," ungkapnya.

Masih menurut Ngadiman "Peringatan Hari Kemerdekaan Ke 74 ini kami maksudkan supaya generasi muda yang ada di Desa Way Terusan tahu akan makna dari sebuah perjuangan dan untuk mempererat persatuan khususnya masyarakat register dan transmigrasi dan juga mengajak kebersamaan dalam kegiatan HUT RI ke-74."

Senada dengan Sandi Yusanto selaku Babinkamtibmas Polsek Seputih Mataram juga menyebut kegiatan tersebut bisa bermanfaat untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.